Jurusan Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

Workshop Kebersihan & Perawatan Taman

29 Januari 2016 FEB Unila

Workshop Kebersihan Gedung dan Perawatan Taman

 

1454035352305Dalam kesempatan itu Wakil Dekan II ibu Mahrinasari menyampaika moto “Hari Ini Harus Lebih Baik Dari Hari Kemarin”. juga ibu Wakil Dekan II mengajak untuk menyamakan persepsi baik kepada petugas gedung maupun petugas taman, untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila. Acara tersebut dibuka langsung oleh ibu Mahrinasari dan dimoderatori oleh bapak Herwan Suseno.

Ibu Kusmaniar selaku Kasubbag TU FEB Unila, menyampaikan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) bagi perserta workshop. Para peserta harus menyusun dan sedapat mungkin mencapai targer pekerjaan yang sudah dibuat oleh masing-masing petugas gedung dan perawatan taman. Dari susunan SKP yang sudah dibuat akan dilakukan evaluasi setiap 6 (enam) bulanya dari rencana kerja kegiatan yang sudah dibuat.

Kemudian pak Herdianto memberikan penjelasan bagaimana cara menyusun dan membuat SKP. Tentu saja rencana kegiatan yang akan dibuat antara petugas gedung dan petugas perawatan taman pasti berbeda. Sebagai contoh pak Herdianto memberikan ilustrasi bagi petugas gedung. Dimana para petugas harus melakukan rencana kegiatan berdasarkan jumlah ruang dan jumlah perkuliahan dalam satu harinya. Dan setiap kegiatan yang sudah dikerjakan petugas gedung harus mengisi formulir kegiatan yang sudah diselesaikan dengan memberikan bukti kepada pengawas untuk diverifikasi sebagai bukti laporan harian.1454040665594

Setelah menjelaskan bagaimana membuat dan menyusun SKP, semua peserta diajak keluar ruangan dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Gedung dan Taman. Bapak Herdianto mengajak peserta Gedung untuk menyambangin ruang perkuliahan B101. Disana para peserta langsung diajak bersosialisasi apa dan bagaimana mempersiakan ruang perkuliahan. Sebagai langkah awal, peserta diminta untuk menyiapkan berkas absen perserta perkuliahan, kemudian memeriksa sekitar ruang perkuliahan. Sebagai contoh adalah menyiapkan abses, menyiapkan spidol, memeriksa pendingin ruangan (AC) dan kebersihan di dalam ruang perkuliahan.

Kegiatan ini terus berlanjut sampai dengan persiapan membersihkan ruangan kamar mandi atau toilet. Bapak Herdianto menuntun para peserta workshop untuk selalu menjaga kebersihan toilet atau kamar mandi. Mulai dari kebersihan pintu kaca jika terpasang, tempat sampah yang ada di dalam toilet hingga kebersihan total terhadap apa-apa yang ada di dalam toilet tersebut.

Ditempat berbeda saudara Kuswara juga sedang melakukan training atau sosialisasi bagi petugas perawatan taman yang baru. Merekan diminta untuk mencari tahu tanaman atau jenis rumput apa yang harus dibuang dan cara merawat tanaman.   Mulai dari memetik daun yang sudah layu atau kering, mencabut rumput liar yang tumbuh di dalam pas bunga sampai dengan membersihkan pas bunga jika di dalamnya terdapat sampah seperti bekas tissue ataupun puntung rokok.

Pada penutupan kegiatan workshop tersebut ibu Wakil Dekan II merasa bangga terhadap peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, dan diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran serta peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut dari pagi hingga sore hari. Dan semoga kegiatan yang diikuti dapat lebih bermanfaat dan menjadikan kalau hari esok akan jadi lebih baik dari hari ini.

1454035832055 1454040462251 IMG_20160129_094348 IMG_20160129_112427 IMG_20160129_112718IMG_20160129_112727

Updated: February 3, 2016 — 10:47 am

Leave a Reply

Jurusan Manajemen © 2015 Frontier Theme