Jurusan Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

Seminar BSBI

BSBI
Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) menggelar seminar dengan tema “Peranan dan Tata Kelola Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Pengembangan Ekonomi Daerah”. Acara digelar di Gedung A FEB Unila, Kamis, 7/5/2015.
        Usep Syaipudin, panitia penyelenggara, mengatakan, kegiatan itu memiliki beberapa tujuan. Pertama untuk menyosialisasikan keberadaan BSBI sebagai perpanjangan tangan dari komisi XI DPR RI. “Juga untuk menyampaikan dan memperoleh masukan terkait peranan dan fungsi kantor wilayah BI di daerah,  sehubungan dengan berkurangannya tugas dan kewenangan BI yang telah dipindahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), beliau juga menjelaskan, meskipun sudah ada tugas yang diambil alih OJK, sebagian tugas BI masih ada. “Kalau OJK terkait dengan mikroprudensial, sementara yang terkait dengan makroprudensial masih ditangan BI,” jelasnya.
 Usep menambahkan, seluruh kebijakan diambil oleh BI Pusat sehingga melalui seminar ini, pihaknya akan membahas apakah kebijakan itu bisa diterapkan keseluruh daerah, mengingat setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda.“Misalkan terkait suku bunga, apakah ketentuan  yang telah ditetapkan BI akan berdampak sama dengan seluruh daerah di Indonesia,” tandasnya.(*)
Updated: August 11, 2015 — 10:37 am

Leave a Reply

Jurusan Manajemen © 2015 Frontier Theme